Sharing is caring. Lets learn together here. *Just posting for reminder and to be remember*

Sunday, January 17, 2021

Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang dalam Permintaan dan dalam Penawaran














Pengertian Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang dalam Permintaan dan dalam Penawaran.

Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang dalam Permintaan

Kebutuhan adalah segala sesuatu yang perlu dipenuhi oleh manusia dalam hidupnya. Pemenuhan kebutuhan dapat dilakukan dengan cara memiliki atau menikmati suatu barang atau jasa.
Kebutuhan manusia berbeda-beda. Kebutuhan yang berbeda ini menciptakan permintaan. Permintaan adalah keinginan yang disertai oleh kemampuan untuk membeli barang atau jasa pada tingkat harga dan waktu tertentu.

Kebutuhan dan permintaan dapat tercipta berdasarkan ruang. Lokasi di mana seseorang berada dapat menciptakan kebutuhan dan permintaan yang berbeda. Masyarakat kota dan masyarakat desa, misalnya, memiliki kebutuhan dan permintaan yang berbeda. Bagi masyarakat kota, telepon pintar (smartphone) merupakan suatu kebutuhan yang penting sehingga terdapat permintaan yang cukup tinggi. Adapun bagi masyarakat desa, telepon pintar mungkin bukan suatu kebutuhan yang penting.

Kebutuhan dan permintaan yang berbeda juga dapat terjadi antarruang yang berbeda seperti antarwilayah. Wilayah perdesaan misalnya, memiliki kebutuhan dan permintaan yang berbeda dengan wilayah perkotaan. Wilayah perdesaan umumnya membutuhkan pupuk dan perangkat untuk pertanian. Adapun wilayah perkotaan umumnya membutuhkan hasil-hasil pertanian.

Keunggulan suatu daerah dan keterbatasan daerah lain dapat menimbulkan interaksi. Keunggulan wilayah perdesaan, misalnya adalah menghasilkan produk pertanian. Adapun wilayah perkotaan memiliki keterbatasan dalam memproduksi hasil pertanian. Produk pertanian dibutuhkan masyarakat perkotaan dan menjadi permintaan wilayah perkotaan. Interaksi antarruang pun terjadi dengan penjualan produk pertanian ke wilayah perkotaan.

Di sisi lain, wilayah perkotaan memiliki keunggulan, misalnya, menghasilkan produk elektronik seperti TV. Adapun keterbatasan wilayah perdesaan adalah tidak mampu memproduksi TV. Wilayah perdesaan yang membutuhkan TV kemudian berinteraksi dengan wilayah perkotaan untuk mendapatkan TV. Penjualan TV dari wilayah perkotaan ke wilayah perdesaan menimbulkan interaksi antarruang.

Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang dalam Penawaran

Penawaran adalah jumlah barang dan jasa yang tersedia dan dapat dijual oleh produsen kepada konsumen pada setiap tingkat harga selama periode waktu tertentu.

Suatu wilayah membutuhkan benda atau produk yang tidak mampu dihasilkan wilayah tersebut. Wilayah yang memiliki suatu sumber daya alam tertentu akan menawarkan sumber daya alam tersebut. Apabila wilayah lain membutuhkan sumber daya alam yang ditawarkan, maka akan terjadi interaksi antarruang antar wilayah. Suatu wilayah akan menawarkan produk dan jasa yang didukung antara lain oleh keunggulan alam dan keunggulan sumber daya manusia yang dimiliki wilayah tersebut.

Wilayah di Indonesia memiliki potensi kekayaan sumber daya alam. Sumber daya alam ini tidak harus berbentuk benda. Kekayaan alam bentuk lain termasuk keindahan alam itu sendiri. Indonesia memiliki berbagai wilayah yang indah dengan keunikan pesona alam yang memiliki ciri tersendiri. Pesona alam yang indah ini dapat pula menjadi keunggulan suatu wilayah. Misalnya, Papua memliki keindahan alam antara lain di daerah Raja Ampat, Bali memiliki keindahan alam yang diakui dunia, Sulawesi Utara memiliki ruang laut yang indah. Berbagai daerah lain di Indonesia pun banyak memilki keindahan alam dan keunikan alam.

Selain itu, terdapat pula keunggulan suatu wilayah yang berkaitan dengan peluang dari sisi ekonomi. Pulau Jawa menjadi pusat aneka kegiatan ekonomi dan pemerintahan, termasuk wilayah tempat ibukota Negara, Jakarta berada. Keunggulan ini menawarkan peluang ekonomi yang menjanjikan. Akibatnya, penduduk dari luar Pulau Jawa tertarik dating ke Pulau Jawa, khususnya Jakarta. Wilayah ini dianggap memiliki keunggulan yaitu peluang menawarkan aneka kesempatan pekerjaan.

Ruang atau lokasi wilayah berpengaruh pada kemampuan suatu wilayah menghasilkan produk. Wilayah pantai kemungkinan besar memiliki keunggulan dalam menghasilkan dan menawarkan sumber daya alam seperti ikan laut dibandingkan wilayah pegunungan. Adapun wilayah pegunungan kemungkinan besar memilki keunggulan dalam menghasilkan dan menawarkan sumber daya alam seperti sayur-sayuran segar.

Penawaran dengan demikian berhubungan dengan jenis produk yang dihasilkan suatu wilayah. Apabila produk yang dihasilkan dan ditawarkan dibutuhkan wilayah lain. Keunggulan antarwilayah menjadi salah satu penyebab terjadinya interaksi antarruang.

Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang dalam Permintaan, Penawaran, dan Teknologi

Interaksi antarruang dapat terjadi karena adanya kelebihan dan kekurangan yang dimiliki suatu daerah terhadap daerah lain. Dapat dikatakan daerah tersebut adalah ruang-ruang yang saling memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan antarruang tersebut, manusia harus melakukan produksi. Produksi bisa digunakan sendiri maupun dijual kepada yang membutuhkan. Namun, produksi ini tidak dapat dilakukan sendiri, sehingga memerlukan orang lain. Hubungan antarprodusen menjadi kegiatan jual-beli atau kegiatan ekonomi.

Jadi Salah satu alasan terjadinya interaksi antar ruang adalah adanya kelebihan-dan kekurangan yang dimiliki oleh satu daerah (ruang) terhadap daerah (ruang) lain, kelebihan dan kekurangan tersebut akan membuat timbulnya variasi kebutuhan dan keperluan lainnya.

Untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut, manusia harus melakukan suatu kegiatan yang disebut dengan produksi. Dengan produksi, memungkinkan untuk memakai sendiri, atau menjualnya kepada orang lain. Namun demikian, kita tidak mungkin dapat memproduksi sendiri semua barang-barang kebutuhan yang kita butuhkan, oleh sebab itu, maka kita memerlukan orang lain. Hubungan yang terjadi antar kedua produsen ini kemudian kita sebut sebagai kegiatan jual-beli (kegiatan ekonomi).

Pada mulanya, manusia tidak melakukan jual beli, karena semua kebutuhannya disediakan oleh alam, namun seiring dengan berjalannya waktu, sumber daya alam yang menyediakan bahan pangan semakin sempit, ditambah dengan sistem kepemilikan lahan, maka manusia semakin sulit memenuhi kebutuhan dengan cara mengambil dari alam, apa lagi masyarakat perkotaan. Sampai dengan saat ini jumblah kebutuhan yang diproduksi manusia lebih banyak dari kebutuhan  yang disediakan alam.

Indonesia dikaruniai dengan alam yang begitu kaya,yang memiliki potensi besar baik pada kekayaan yang terkandung dalam tanah, dipermukaan tanah, dan di air. Kekayaan alam yang terdapat di dalam tanah misalnya adalah minyak, batu bara, emas, dan barang tambang lainnya. sementara kekayaan yang terdapat di permukaan tanah adalah, potensi tanah kita yang sangat subur, membuat banyak tanaman yang dapat tumbuh diatas tanah Indonesia.

Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang

Potensi yang terdapat di air, baik air tawar maupun air asin (laut) Indonesia sangat besar, yang tidak berlebihan jika kita kembali menjadi negaramaritim. ditambah dengan iklim Indonesia yang memiliki dua musim, membuat Indonesia semakin berpotensi untuk menjadi negara agraria. Sehingga jika dimanfaatkan dengan baik, tentu kesejahteraan bangsa Indonesia bukan hanya menjadi cita-cita belaka.

Kebutuhan yang dapat diproduksi baik oleh alam, dan manusia disetiap daerah memiliki variasinya masing-masing, karena tidak semua barang dapat diproduksi disatu tempat yang sama, hal ini disebabkan oleh adanya potensi alam yang berlainan. keterbatasan antarruang juga berakibat pada adanya keunggulan dan kekurangan yang bervariasi. Selain itu, Keterbatasan antar ruang tersebut juga menimbulkan adanya penawaran, permintaan dan teknologi yang berbeda.

Apa itu Permintaan

Dalam buku Aspek Dasar Ekonomi Mikro (2006) karya Tri Kunawangsih, definisi permintaan adalah keinginan yang disertai oleh kemampuan untuk membeli barang atau jasa pada tingkat harga dan waktu tertentu. Hukum permintaan berlaku terbalik dengan harga barang. Di mana harga barang naik, maka permintaan barang akan turun.  Sebaliknya, jika harga turun maka permintaan barang tersebut akan mengalami kenaikan. 
Contoh permintaan yang dipengaruhi keterbatasan antarruang adalah suatu wilayah yang tidak dapat memproduksi bawang dengan jumlah banyak, maka wilayah tersebut melakukan permintaan pada kota yang mampu memproduksi bawang dalam jumlah yang tinggi.

Permintaan adalah sejumlah barang yang diminta, atau dibeli pada suatu harga tertentu. Hukum permintaan berlaku berbanding berbalik dengan harga barang. Jika harga barang naik, maka permintaan atas barang tersebut akan turun, dan sebaliknya jika harga turun maka permintaan brang tersebut akan mengalami kenaikan.


Contoh permintaan yang dipengaruhi oleh keterbatasan antarruang adalah, kota lamongan yang tidak dapat memproduksi buah apel sendiri, maka mayarakat lamongan akan melakukan permintaan pada kota yang dapat memproduksi apel, seperti Kota Malang/Batu.

Apa Itu Penawaran

Penawaran adalah banyaknya barang atau jasa yang siap untuk ditawarkan oleh produsen kepada calon konsumen. Hukum penawaran berlaku berbanding lurus dengan harga barang, semakin tinggi harga maka barang yang akan ditawarkan akan semakin banyak, dan begitu juga sebaliknya, semakin kecil harga maka akan semakin sedikit barang yang akan ditawarkan.

Contoh Penawaran yang dipengaruhi oleh keterbatasan antarruang seperti, Batu/Malang sebagai produsen Apel akan menawarkan barangnya ke wilayah, dan ketempat-tempat lainnya yang tidak dapat memproduksinya.

Jadi Definisi penawaraan merupakan jumlah barang atau jasa yang ditawarkan produsen kepada konsumen. Hukum penawaraan berbanding lurus dengan harga barang. Semakin tinggi harga barang, maka jumlah barang yang ditawarkan banyak. Semakin kecil harga barang, maka jumlah barang yang ditawarkan sedikit. Contoh penawaran yang dipengaruhi keterbatasan antarruang adalah wilayah yang mampu memproduksi bawang yang lebih akan menawarkan ke beberapa wilayah yang membutuhkan. 
Terdapat tiga unsur penawaran, yaitu: 
1. Keinginan penjual untuk menjual barang 
2. Kesediaan penjual untuk menjual barang dagangannya pada tingkat harga dan waktu tertentu 
3. Kemampuan penjual dalam menawarkan barang dagangannya.

Penawaran akan muncul bila suatu produk memiliki potensi penjualan kepada pihak lainnya.

Teknologi
Secara tradisional, bentang alam akan mempengaruhi teknologi yang diciptakan oleh manusia. Misalnya pada permukaan lahan yang berbentuk lereng, petaniakan membuat sawah dengan sistem terasering. Sementara itu, lahan terasering memerlukan cangkul yang berbeda dengan lahan dengan permukaan rata. Dan kemajuan pada hari ini juga mendorong untuk terciptanya diverensiasi produk dari hasil produksi alam/manusia.

Keterbatasan antarruang akan mempengaruhi permintaan atas bahan kebutuhan atau teknologi lainnya.

Penggunaan Teknologi dalam Permintaan dan Penawaran

Perkembangan teknologi sangat membantu masyarakat dalam melakukan kegiatan permintaan dan penawaran barang dan jasa.

Dampak Positif Penggunaan Teknologi

  • Mempercepat pertumbuhan ekonomi.
  • Meningkatkan produktivitas kegiatan industri.
  • Produsen dan konsumen dapat melakukan kontak langsung, kapanpun dan dimanapun.
  • Kualitas tenaga kerja semakin meningkat dalam menggunakan teknologi.
  • Pasar yang dijangkau produsen semakin luas.
  • Kegiatan pemasaran produk semakin mudah.
  • Penggunaan teknologi dapat mengurangi biaya produksi sehingga harga barang dan jasa yang ditawarkan juga murah.
  • Perkembangan teknologi menciptakan bisnis berbasis e-commerce atau perdagangan elektronik dan lapangan kerja baru.
  • Muncul produk layanan baru seperti internet banking dan aplikasi dompet digital

Dampak Negatif Penggunaan Teknologi

  • Pembelian produk lokal menurun akibat meningkatnya pembelian barang dan jasa dari luar negeri.
  • Kejahatan teknologi bertambah, seperti pembajakan akun dan pembobolan rekening bank.
  • Kegiatan jual beli di pasar gelap meningkat.
  • Kemudahan bertransaksi meningkatkan peredaran obat-obatan terlarang.
  • Kegiatan jual beli online juga meningkatkan kesempatan melakukan penipuan.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan

  1. Harga barang
  2. Harga barang pengganti
  3. Ketersediaan subtitusi
  4. Selera 
  5. Jumlah kebutuhan, dan
  6. Ramalan dimasa yang akan datang.
Sebagaimana hukum permintaan, jika harga suatu barang naik maka permintaan terhadap barang tersebut akan menurun. Faktor permintaan ini juga dipengaruhi oleh harga barang pengganti, dan barang subtitusi. Jika terdapat variasi barang yang sama maka permintaan akan berang tersebut juga akan mengalami penurunan.

Selain harga, dan ketersediaan barang subtitusi, permintaan atas barang tertentu juga dipengaruhi oleh masalah selerah, kebutuhan dan ramalan di masa yang akan datang.

Ramalan terhadap suatu barang akan berpengaruh terhadap permintaan barang tersebut. Misalnya, barang "A" diramalkan akan terjadi kelangkaan dimasa yang akan datang, maka orang akan berbondong-bondong untung melakukan permintaan, dan tak jarang juga sampai pada penimbunan, untuk mengambil keuntungan dimasa yang akan datang.

Adanya proses penawaran, dan permintaan tersebut akan mempengaruhi kegiatan produksi, baik produksi, permintaan, dan penawaran adalah merupakan kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi berjalan jika terdapat pelaku ekonomi. Pelaku ekonomi akan kami bahas pada artikel selanjutnya.

Dalam konsep antarruang, keunggulan dan keterbatasan yang dimiliki oleh masing-masing wilayah menciptakan peluang timbulnya interaksi antarruang dari segi perdagangan. 

Wilayah yang memiliki suatu sumber daya tertentu akan menawarkan sumber daya tersebut kepada wilayah yang tidak memiliki. Indonesia memiliki potensi kekayaan sumber daya alam yang cukup berlimpah. 

Namun, setiap wilayah memiliki sumber daya alam yang berviariasi, sehingga memiliki keunggulan yang berbeda dan timbul penawaran. 

Wilayah yang memiliki sumber daya alam bervariasi karena karakter dan mata pencaharian penduduk berbedaa, tergantung demografi tempat tinggal.  



Share:

2 comments: